MANFAAT IKAN HILSA

Manfaat Ikan Hilsa
================




Ikan Hilsa menjadi ikan nasional Bangladesh. Masyarakat suku Bengali di sana amat suka memakan ikan ini. Sebab ikan hilsa ini bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel, Hilsa memang memiliki cita rasa yang amat lezat. Konon rasa ikan ini memiliki perbedaan, antara yang ditangkap di sungai dengan yang di laut. Ikan Hilsa yang di sungai jauh lebih enak.

Mengapa ikan Hilsa ada yang hidup di sungai, namun ada pula yang di laut? Ternyata ini karena Hilsa memiliki kebiasaan migrasi menaruh telur-telurnya di sungai. Peranakan Hilsa ini saat remaja akan kembali ke laut, dan dalam perjalanan pulangnya ke laut inilah oleh masyarakat bakal ditangkap. Apa sajakah manfaat ikan Hilsa untuk kesehatan?



1. Mencegah Jantung Koroner

Ikan Hilsa memiliki kandungan lemak tak jenuh atau yang dikenal dengan nama HDL. Ini tergolong jenis lemak baik yang fungsinya untuk melawan lemak jahat. Jadi jika anda memakan Hilsa, maka kandungan lemaknya bakal bisa menghancurkan timbunan lemak jahat berupa kolesterol di tubuh anda.

2. Menaikkan Kadar HB

Konsentrasi zat besi yang tinggi pada ikan Hilsa amat baik untuk menaikkan kadar HB atau Hemoglobin dalam tubuh anda. Sehingga anda pun jadi tidak lemas lagi. Ikan ini pun ada akhirnya cocok direkomendasikan kepada Ibu Hamil karena biasanya para ibu yang tengah mengandung janin ini memiliki jumlah HB yang rendah.

3. Mengandung Asam Amino Essensial

Asam Amino Essensial merupakan protein yang tidak bisa diproduksi sendiri di dalam tubuh manusia sehingga harus dipasok dari luar tubuh. Asam ini memiliki manfaat yang amat besar untuk sel-sel tubuh sehingga bekerja dengan baik. Ikan Hilsa tentulah memiliki kandungan asam amino essensial yang melimpah.

4. Memiliki Citarasa Gurih yang Dapat Menggantikan MSG

Jika anda termasuk orang yang doyan dengan rasa kuat pada makanan, pastilah tidak akan pernah bisa lepas dari MSG. Padahal zat yang satu ini amatlah bahaya untuk tubuh. Penggunaan Monosodium Glutamate pada makanan bisa memicu kanker. Maka segeralah tinggalkan! Ikan Hilsa ini bisa diolah menjadi bubuk kaldu pengganti MSG.

5. Mencegah Pengeroposan Tulang

Tulang keropos bisa menimpa siapa saja. Selama ini dunia medis sepakat bahwa tulang keropos disebabkan karena kekurangan kalsium. Maka mulai bermunculanlah obat dan suplemen makanan yang kaya dengan kalsium.

Susu kemasan yang mengklaim bisa menjaga kepadatan tulang pun bertaburan di mana-mana dengan beragam merk. Tapi sebetulnya semua itu punya efek yang buruk untuk jangka panjang karena bukan bahan alami. Maka anda mulai butuh kalsium alami yang terkandung di dalam ikan Hilsa misalnya.

6. Memperbaiki Akar Rambut yang Mudah Patah

Kandungan vitamin B di dalam ikan Hilsa amat baik untuk menjaga kekuatan struktur rambut agar tidak mudah patah. Anda benar-benar akan terbebas dari kerusakan rambut, seperti: rontok dan bercabang.

7. Menghaluskan Kulit Wajah

Anda yang ingin punya kulit wajah mulus dan bersih, sebaiknya banyaklah makan ikan Hilsa. Kadar air, vitamin C, dan vitamin D dalam ikan ini bisa meremajakan kulit anda. Namun tentu anda harus bersabar untuk peroleh hasilnya, sebab bahan alami memang lebih lama efeknya.

8. Mencegah Kanker

Siapa yang mau terkena kanker? Tentu saja semua orang akan menjawab serempak: tidak mau. Supaya anda terbebas dari penyakit kanker mematikan ini, anda butuh asupan makanan bergizi setiap hari. Salah satunya dengan ikan Hilsa yang kaya dengan vitamin B kompleks. Konon vitamin ini baik untuk anti kanker.

9. Menyeimbangkan Kadar Cairan dalam Tubuh

Tubuh yang memiliki kadar cairan terlalu tinggi akan mudah mengalami pembengkakan. Selain itu, bila terluka pun akan sulit kering lukanya. Untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh anda, agar selalu dalam jumlah normal, ikan Hilsa mampu melakukannya. Lagi-lagi karena kandungan vitamin B nya.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil selalu disarankan memakan banyak makanan berkadar protein tinggi, seperti susu, telur, dan daging. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan, maka dokter amat menyarankan untuk makan hati ayam. Namun sebenarnya ada satu jenis makanan yang mengandung keduanya sekaligus, zat besi dan protein tinggi, yaitu: ikan Hilsa.

Komentar